GONDANG ORCHESTRA SEMAKIN GO MENDUNIA DI THAILAND

Tigor Situmorang, kondaktor handal dari Jakarta

formatnews.id – Musik adalah bahasa universal yang dapat menjembatani dan mempererat persahabatan antarnegara. Gondang Orchestra yang didirikan tahun 2010 oleh Tigor Situmorang merupakan gabungan musik Gondang dan musik Orchestra, bertujuan untuk melestarikan, mengenalkan dan mempromosikan musik tradisional gondang dari Sumatera Utara, Indonesia, ke Dunia (Gondang Orchestra from North Sumatera of Indonesia for the World). Terbentuknya Gondang Orchestra terinspirasi dari musik tradisional yang berada di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia.

Gondang Orchestra memperoleh momentumnya kembali setelah perjalanannya ke Montreal, Kanada, tahun 2012, ketika mendapat undangan dari Universitas Chulalongkorn untuk melakukan Workshop Musik Gondang dan Tarian Tortor serta pertunjukan di Universitas Chulalongkorn Bangkok dan Universitas Khon Kaen, Thailand pada 19-25 Juni 2024.

Bacaan Lainnya

Acara tersebut diadakan dalam rangka Indonesian Festival ke-7 (Indofest ke-7) yang merupakan Kerjasama antara Universitas Chulalongkorn, Universitas Khon Kaen  dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham Co, Ltd dan KBRI Bangkok.

Dengan 21 personel dan didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Republik Indonesia,  Gondang Orchestra berangkat ke Thailand pada 19 Juni 2024 untuk memenuhi undangan Universitas Chulalongkorn dan Khon Kaen University tersebut. Setiba di Bangkok, Gondang Orchestra diperkenalkan di KBRI Bangkok, Thailand.

Gondang Orchestra tiba di Provinsi Khon Kaen, Thailand di tanggal 20 Juni 2024 setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam,  untuk persiapan Workshop Musik Gondang dan Tarian Tortor tanggal 21 Juni 2024.

Acara di Universitas Khon Kaen diselenggarakan dalam rangka Indonesian Festival ke-7, menyambut 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Thailand tahun 2025 dan Peringatan 60 Tahun Universitas Khon Kaen. Sebanyak 120 mahasiswa dari Universitas Khon Kaen  dan beberapa Universitas di sekitar Provinsi Khon Kaen dengan antusias mempelajari Musik Gondang dan Tari Tortor dalam Workshop.

Workshop diawali dengan penjelasan dari pimpinan Gondang Orchestra, Tigor Situmorang  mengenai Pulau Samosir dan daerah sekitar Danau Toba sebagai asal musik gondang serta mengenai 5 jenis Gondang Batak yang tercermin dalam tarian Tortor yaitu  Gondang Mula-mula, Gondang Somba-Somba, Gondang Mangaliat, Gondang Marhusip, dan Gondang Hasahatan dohot SitioTio. Acara dilanjutkan dengan latihan Musik Gondang dan Tarian Tortor oleh Tim Gondang Orchestra.

Dalam Pertunjukan yang diadakan di Gedung Theater Universitas Khon Kaen sesudah Workshop, para mahasiswa Thailand menampilkan Musik Gondang dan Tari Tortor yang telah dipelajari serta menyaksikan penampilan Gondang Orchestra. Selama pertunjukan, ditayangkan video audiovisual tentang sejarah dan budaya suku Batak serta pengenalan destinasi pariwisata Sumatera Utara, Indonesia dan gambaran sekilas tentang Thailand ketika dibawakan lagu Thailand “Loy Khrathong”.

Duta Besar RI, Rachmat Budiman secara spontan berkolaborasi dengan Gondang Orchestra membawakan lagu- lagu Batak. Mahasiswa Thailand dan hadirin lainnya menikmati pertunjukan tersebut dan dengan antusias turun ke depan untuk menari Tortor bersama. Musik Gondang dan Tari Tortor Gondang Orchestra telah mendekatkan mereka dengan Indonesia.

Diharapkan kedepannya Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan,  Kebudayaan, Riset dan Teknologi dapat terus mendukung pelaku dan pelestari budaya Indonesia seperti Gondang Orchestra ini. ***

Efendy Naibaho

 

Pos terkait