Polres Samosir Perketat Pengamanan Pasar Utama Kabupaten Samosir

Pasar Utama Kabupaten Samosir yang terletak di Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan mendapat pengamanan ketat dari Polres Samosir pada Rabu (15/05/2024). Upaya ini dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta tindak pidana di pasar tersebut.

formatnews.id –┬áPasar Utama Kabupaten Samosir yang terletak di Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan mendapat pengamanan ketat dari Polres Samosir Rabu (15/05/2024). Upaya ini dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta tindak pidana di pasar tersebut.

Pengamanan dimulai dengan apel kesiapan pelaksanaan tugas, di mana Kasat Samapta Polres Samosir, AKP Tito Juardi memberikan pengarahan kepada personil yang ditugaskan. AKP Tito Juardi menekankan pentingnya pelaksanaan tugas dengan ikhlas dan bertanggung jawab serta menjaga sopan santun dan kehormatan institusi Polri selama bertugas di pasar.

Bacaan Lainnya

Kasat Samapta kemudian membagi tugas kepada personel Polres Samosir dan Polsek Pangururan. Personil Sat Binmas bersama personil Ulu Balang Sat Samapta melakukan patroli jalan kaki di dalam pasar, memberikan himbauan kepada pedagang dan pembeli untuk menjaga diri dan barang bawaan guna mengantisipasi tindak pidana pencurian.

Sementara itu, personil Tim Raimas Sat Samapta dan personil Sat Lantas mengatur arus lalu lintas di jalan utama sekitar pasar untuk mencegah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Personil Polsek Pangururan melakukan patroli jalan kaki di luar pasar, memberikan himbauan kepada pembeli yang akan memasuki pasar dan memantau situasi di objek vital yang ada di sekitar pasar seperti kantor bank.

Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir Vandu P Marpaung, menyatakan bahwa pengamanan ketat ini bertujuan untuk menjamin keamanan pedagang dan pembeli, serta kelancaran arus lalu lintas di sekitar pasar. Hingga pukul 14.30 WIB, situasi di Pasar Onan Baru Pangururan masih dalam keadaan aman.

“Polres Samosir menjamin kelancaran arus lalu lintas dengan melaksanakan patroli dan pengaturan arus lalu lintas, serta mencegah gangguan Kamtibmas dengan menyampaikan himbauan kepada pedagang dan pembeli. Kami juga melaksanakan patroli jalan kaki di dalam dan di luar pasar. Selain itu, kami menurunkan personil pengamanan tertutup dari Sat Reskrim dan Sat Intelkam untuk penindakan terhadap pelaku tindak pidana. Dengan pembagian tugas yang baik, kami menciptakan keamanan dan kenyamanan di pasar utama Kabupaten Samosir serta kelancaran arus lalu lintas. Pengamanan ini akan dilaksanakan hingga berakhirnya kegiatan di pasar” pungkas Brigadir Vandu P Marpaung.

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Polres Samosir dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, khususnya di pusat-pusat keramaian seperti pasar Onan Baru Pangururan (Pasar Utama Kabupaten Samosir). ***

Efendy Naibaho

Pos terkait