Ketua Poktan Sabulan: Kami Melihat Kinerja Bapak Sungguh Bagus

BUPATI SAMOSIR SALURKAN PUPUK NPK GRATIS KEPADA PETANI KECAMATAN PALIPI DAN SITIOTIO

formatnews.id – Kominfo Samosir (04/07) :┬áHasil sinergitas dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, Bupati Samosir Vandiko Gultom menyalurkan bantuan pupuk kepada Kelompok Tani Kecamatan Palipi dan Sitiotio di Desa Simbolon Purba, Kamis )04/07).

Bantuan diserahkan dan diterima langsung kelompok tani. Sebanyak 7.000 kg pupuk NPK 15-15-15 diserahkan kepada kelompok tani dari Kecamatan Palipi dan 3.200 kg untuk Kelompok tani Kecamatan Sitiotio.

Bacaan Lainnya

Hasil Sinergitas dengan Kementan RI, untuk tahun 2024 Pemkab Samosir memperoleh bantuan 70.000 kg pupuk NPK dan akan dibagikan kepada 193 kelompok tani pada 9 kecamatan. Pemberian bantuan guna pemenuhan pupuk pertanaman jagung, dimana sebelumnya Dinas Ketapang dan Pertanian juga sudah menyalurkan bibit jagung untuk 1.690 ha lengkap dengan POC dan pupuk Hayati.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengatakan dalam periode kepemimpinannya selalu menerapkan pola sinergitas anggaran antara anggaran pemkab, provinsi, pusat dan program tersebut membuahkan hasil. Sinergitas tersebut sebagai komitmen untuk memenuhi janji pemerintah dalam pembagian pupuk kepada masyarakat. “Berkat kedekatan dan komunikasi dengan Kementan, bantuan pertanian untuk Kabupaten Samosir sudah sangat banyak, hari ini terpenuhilah program tersebut, akan dibagikan pupuk 70.000 kg untuk 9 kecamatan, yang mana ini hasil usulan Pemkab Samosir”, kata Vandiko

Bupati Samosir menekankan perlunya pengawasan penggunaan pupuk tersebut. Pembagian yang adil dan merata kepada seluruh anggota kelompok tani. Di sisi lain, Vandiko berharap kelompok tani tetap belajar dan berlatih dalam pembuatan pupuk organik padat maupun cair, sebab bantuan yang diberikan pemerintah bersifat stimulan.

Untuk keberhasilan pertanian, kelompok tani diimbau untuk mengikuti anjuran pemerintah yang barang tentu akan memberikan masukan demi keberhasilan pertanian, yang dapat memberikan nilai tambah bagi petani. Melalui petugas PPL siap melakukan pendampingan. “Tidak dibagikan adil atau bahkan dijual akan kami tindak, dipindahkan kepada kelompok lain, ini kami lakukan agar bisa bermanfaat karena daerah lain belum tentu mendapat bantuan sebanyak di Samosir”, tegas Vandiko.

Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom berharap seluruh kelompok tani yang sudah mendapat bantuan untuk segera melakukan penanaman, karena menurutnya keberhasilan pertanaman akan menentukan besaran bantuan yang didapat berikutnya. “Gunakan pupuk dengan baik supaya bermanfaat bagi kita dan juga dirawatlah tanaman dengan baik, bagi yang belum menanam jangan ditunggu karena bisa ditanam sampai akhir tahun. Kalau kita bekerja baik akan selalu diberi bantuan”, ucap Tumiur.

Ketua Kelompok Tani Marsada Desa Sabulan Kecamatan Sitiotio, Rosta Sirait mengucapkan terima kasih kepada Bupati Samosir dan berharap bantuan akan tetap mengalir kepada para petani. Rosta memuji kinerja Bupati Samosir yang tetap memberi perhatian kepada para petani.

“Saya sendiri melihat bahwa dengan segala bantuan yang diberikan pemerintah anggota kelompok senang Pak, kami melihat kinerja bapak sungguh bagus dan tolong diselesaikan kinerjanya sampai ke desa lainnya agar apa yang menjadi keinginan kami petani bisa tercapai”, ucap Rosta.

Turut hadir, Camat Palipi Robert Sinaga, Danramil Palipi J Siringo ringo, Kapolsek Palipi P Sinaga dan seluruh kelompok penerima manfaat. ***

Efendy Naibaho

Pos terkait