Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Terima Audensi Yayasan Pusuk Buhit dan Panitia Hari Ulos 2023

Raja Tonggo Parluhutan Sihotang, Efendy Naibaho, Praeses HKB, Raja Hasoge Timbul Panjaitan, Erwin Sinaga dan M Sihaloho

formatnews.id – Pdt Maurixon Silitonga MTh sebagai Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur didampingi Diakones Rose Butar-butar menerima kehadiran Panitia Hari Ulos 2023 yang diangkat pengurus Yayasan Pusuk Buhit di Ruang Pertemuan Kantor Praeses Jalan Gereja, Siantar, Rabu 27 Oktober 2023

Pdt Maurixon mengatakan HKBP sudah inklusif dalam kehidupan berjemaat. Saya sebagai praeses cukup bangga dan senang hati atas kunjungan Yayasan Pusuk Buhit di Kantor Distrik V Sumatera Timur,  tuturnya sembari memberi minum sambil mempersilakan Panitia Hari Ulos memaparkan maksud dan tujuan kehadirannya.

Bacaan Lainnya

Efendy Naibaho sebagai Ketua Yayasan Pusuk Buhit didampingi Panitia Hari Ulos: Raja Tonggo Parluhutan Sihotang, Raja Hasoge Timbul Panjaitan, Erwin Sinaga dan Marulak Sihaloho, dimana Efendy menjawab dan memaparkan bahwa maksud dan tujuan beraudensi mengundang Praeses agar berkenan hadir dalam acara perayaan hari ulos pada 18 Oktober 2023 pkl 09.30 s/d selesai di Universitas HKBP Nommensen Siantar menyampaikan kata sambutan sekaligus memimpin doa, ujar Efendy sambil mempersilakan kepada Panitia Hari Ulos memperjelas rangkaian kegiatan.

Raja Hasoge Timbul Panjaitan sebagai Panitia Tim Kerja Hari Ulos menjelaskan rangkaian acara bahwa acara memeriahkan Hari Ulos 2023 mulai 15,16,17,18 Oktober 2023 di Kawasan Danau Toba dengan Parade Ulos 1.000 meter dimulai dari Jembatan Tanah Ponggol Pangururan Kabupaten Samosir pukul 08.00 s/d 10.00 tanggal 15 Oktober 2023 diberangkatkan Pemerintah Muspida Kabupaten Samosir.  Parade Ulos berangkat menuju Dolok Sanggul lewat Tele, kemudian tiba di Dolok Sanggul pkl 13.00 siang dan istirahat.

Pkl 15.00 Parade Ulos berkeliling di Dolok Sanggul kemudian diberangkatkan Muspida pkl 17.00 menuju Kota Siborong-borong. Tanggal 16 Agustus mulai pkl 8.00 Parade Ulos berkeliling Siborong dan lanjut acara di UNITA lanjut parade ulos menuju Zetun Silangit dan harapan istirahat sejenak di Jetun Silangit, kemudian bergerak menuju Balige dan beracara di depan Pasar Balige. Usai acara parade ulos berangkat meninggalkan Balige menuju Porsea dan malamnya tiba di Open Stage Parapat Kabupaten Simalungun.

Pada tanggal 17 Oktober 2023 acara seremonial mulai pkl 08.00 s/d selesai diharapkan hadir Presiden RI Joko Widodo, serta beberapa menteri yang diundang, Gubsu dan beberapa Muspida se-Kawasan Danau Toba memberi kata sambutan atau bimbingan kepada masyarakat penenun ulos.

Tanggal 18 Oktober 2023  pkl 08.00 Parade Ulos akan tiba di Kota Pematang Siantar dan langsung menuju UHN Siantar, kemudian orasi ilmiah di sana dan dimohon kehadiran Praeses memimpin doa sekaligus memberangkatkan Parade Ulos bergerak menuju Rindam / I BB Jalan Sisingamangaraja,  Pematang Siantar di sana disambut Dan Rindam CH Sagala serta keluarga besar Rindam / I BB. Di lokasi Rindam ada juga acara orasi ilmiah tentang ulos kemudian manortor bersama.

Sekira pkl 14.00 parade ulos akan berangkat dari Rindam menuju Pematang Raya terus ke Merek Kabupaten Karo kemudian lanjut ke Sidikkalang Kabupaten Dairi dan malamnya kembali ke Samosir, imbuh Raja Hasoge sembari memberitahukan kepada Praeses nama-nama Gereja HKBP di Distrik V yang dilintasi Parade Ulos mulai dari Parapat, Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun yaitu HKBP Tiga Dolok, HKBP Dolok Marlawan di Jorlang Hataran, HKBP Balata, HKBP Sampuran, HKBP Simarimbun, HKBP Siantar Sawah, HKBP Sintanauli di Jalan DI Panjaitan, HKBP Pematang Siantar Jalan Gereja, HKBP Siantar Kota, HKBP Pane Tonga dan HKBP Simpang Pane.

Kami berharap kesediaan Praeses mengimbau agar jemaat HKBP menyambut Parade Ulos 1.000 Meter di depan gereja masing-masing lengkap menyandang ulos dengan bersorak Ulos for Indonesia, Horas horas horas Ulos menyatukan kita ( Ulos Pasadahon Hita ), pungkas Raja Hasoge, sambil mengucapkan terima kasih atas sambutan Praeses. ***

M Sihaloho

Pos terkait