Pemerintah Kab Toba dan Humbang Hasundutan Dikunjungi Pengurus Yayasan Pusuk Buhit

Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan menerima kunjungan Tim Yayasan Pusuk Buhit dan Tim Kerja Panitia Hari Ulos 2023

formatnews.id – Sabtu 23 Sept 2023,  Efendy Naibaho sebagai Ketua Yayasan Pusuk Buhit didampingi Tim Kerja Hari Ulos Nasional 2023: Raja Hasoge Timbul Panjaitan, Marudut Situmorang, P Situmorang, Rudolf Manurung, Saurma Manurung, Marlen Simbolon, Lambok Situmeang, Tonny Silaban, Mardasari Munthe mengunjungi Pemkab Toba di Balige dan Pemkab Humbang Hasundutan di Dolok Sanggul.

Kunjungan tersebut dilakukan Yayasan Pusuk Buhit dan Panitia Tim Kerja Hari Ulos Nasional 2023 memberitahukan bahwa Efendy Naibaho sebagai Ketua Yayasan Pusuk Buhit yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI telah membentuk kepanitiaan atau Tim Kerja Perayaan Hari Ulos Nasional.

Bacaan Lainnya

Ini dilakukan mengingat Ulos Batak Toba telah diakui Pemerintah Republik Indonesia menjadi Warisan Budaya Tak Benda pada tanggal 17 Okt 2014 silam. Panitia atau Tim Kerja Perayaan Hari Ulos Nasional 2023 telah menetapkan kegiatannya selama 4 hari mengadakan parade atau arak-arakan Ulos sepanjang 1.000 meter.

Arakannya dimulai pada 15 Oktober 2023, mulai titik awal start di Jembatan Tanah Ponggol,  Pangururan, Kabupaten Samosir, diberangkatkan Pengurus Yayasan Pusuk Buhit bersama Muspida, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat mulai pagi pukul 08.00 bergerak menuju Tele lanjut ke Dolok Sanggul.

Di perbatasan antara daerah Kab Samosir dengan Kab Humbahas diadakan serah terima parade Ulos 1.000 meter dengan masyarakat Pemkab Humbang Hasundutan bergerak menuju Kota Dolok Sanggul dan di sana siangnya disambut Pemkab Humbang Hasundutan bersama Tokoh2 Agama dan Tokoh Adat sekaligus mengarak Ulos berkeliling Kota Dolok Sanggul dan lanjut ke Siborong-borong, Taput.

Pada tanggal 16 Oktober 2023 subuh, Parade Ulos sudah tiba di Unita Siborong-borong Kabupaten Taput, di Unita akan diadakan orasi ilmiah tentang ulos dan acara mengumandangkan lagu ” O Tano Batak” dan Lagu Indonesia Raya ” dipimpin BEM Unita kemudian Hening Cipta serta Kata Sambutan dari Dr Dra Melsi Silalahi MPd sebagai Rektor Unita.

Usai acara tersebut parade ulos menuju Balige Kabupaten Toba, tepatnya di depan Pasar Balige akan diadakan acara seremonial sampai malam harinya. Tanggal 17 Oktober 2023 Parade Ulos akan tiba di Open Stage Parapat Kabupaten Simalungun. Di sana diharapkan hadir Gubernur Sumatera Utara, Pangdam l Bukit Barisan, para Menteri dan diharapkan Presiden Joko Widodo beserta Para Kepala Daerah lainnya, secara khusus Bupati Simalungun.

Esoknya, tanggal 18 Oktober 2023, Parade Ulos sudah tiba di Kota Pematang Siantar tepat pukul 09.00 di Jalan Asahan, Universitas HKBP Nommensen Siantar. Kemudian menuju parkiran Pariwisata Jalan Merdeka Kota Siantar dan pukul 14.00 Parade Ulos bergerak menuju Jl Kartini – Jln Sisingamangaraja depan Universitas Simalungun baru meluncur ke Rindam dan lanjut ke Pematang Raya depan Kantor Bupati Simalungun. Berlanjut ke Merek Kabupaten Karo kemudian ke Sidikalang, Dairi dan dari Sidikkalang kembali ke Kabupaten Samosir” kata Efendy.

Pemkab Toba diwakili Sekda Agus Sitorus menyambut kedatangan rombongan Yayasan Pusuk Buhit dan Panitia Perayaan Hari Ulos 2023 dan menyatakan Pemkab Toba sangat mendukung jadwal kegiatan panitia memeriahkan Hari Ulos dimaksud dan akan mengkoordinasikan seluruh perangkat Kepala Desa se Kabupaten Toba ” pungkas Agus.

Kemudian Pemkab Hasundutan diwakili Wakil Bupati Dr Oloan Paniaran Nababan, SH, MH mengatakan akan melibatkan pelajar SD, SMP, SMA dan SMK Negeri dan Swasta untuk menyambut kehadiran Parade Ulos 1.000 Meter dimaksud setibanya di Dolok Sanggul karena hal itu mendidik generasi muda menghargai warisan leluhur yang diridhoi Tuhan Allah ” tutur Paniaran wakil bupati sekaligus menutup acara pertemuan.

Panitia Kerja Hari Ulos Siantar – Simalungun.

Di kota Pematang Siantar, Panitia Kerja Ulos 2023 dipimpin Raja Hasoge Timbul Panjaitan mengadakan diskusi terbatas bersama Mahasiswa STT HKBP tentang Warisan Budaya Tak Benda. Diskusi terbatas tersebut diadakan untuk menopang penyambutan parade ulos di UHN Siantar dan STT HKBP pada tanggal 18 Oktober 2023 sekaligus mengantar ke Parkiran Pariwisata Jln Merdeka Kota Pematang Siantar. Para mahasiswa juga mendoakan agar kesuksesan perayaan hari ulos berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan dan berharap parade ulos tiba di Kota Siantar dengan sehat sehat semuanya. Diskusi ditutup dengan doa dipimpin Dwita Sitorus. ****

Raja Hasoge Timbul Panjaitan

Pos terkait